Sabtu, 07 Januari 2023

Mewujudkan Travelling Cara Aku di Negeri Para Laskar Pelangi Bareng Traveloka

 “Sadar nggak sih orang lain sering bikin kita milih untuk berpihak sama sesuatu? Disuruh mau milih ke sana atau ke sini? Ditanya lebih suka ini atau itu? Mau healing diminta nentuin mending ke sini atau ke situ? Kenapa ya kita harus memilih? Padahal kita kan bisa cobain semuanya? Kita juga boleh suka semuanya”

Hmmm kutipan kalimat diatas gak sengaja aku baca dari blognya Bloggerperempuan.com , kok relate ya? karena ya selama ini kita secara sadar atau tidak sadar banyak memilih "apa kata mereka" dariapada apa yang kita mau. Bahkan untuk berbagai hal, banyak diantara kita lebih memilih "apa yang disukai orang lain" ketimbang "apa yang kita sukai".


Gak jauh-jauh deh, mengenai postingan di sosial media, pasti lebih banyak "ngikutin" apa yang sedang ramai. Tempat mana yang lagi ramai dikunjungin orang. Kalau mau dikatakan hits wajib datangi tempat yang lagi viral. Padahal belum tentu tempat itu bikin kita suka. Terjadi pada kita kan?

Padahal, kita berhak mendapatkan apa yang bisa membuat kita bahagia, tanpa mendengar apa kata orang. Ya kelihatan Klise yah? Tapi sebenarnya ya kita memang butuh sekali-kali untuk tidak mendengarkan kata orang lain. Karena yang paling mengerti diri kita, adalah kita sendiri. Tak terkecuali mengenai liburan......
Mau liburan ala Backpaker, mau ala sultan mevvah , gak masalah kok selama buat kita bahagia dan gak ngerugiin orang lain, let’s just do it and celebrate our life, to #LifeYourWay!


INI SAATNYA KITA IKUTIN KATA HATI... 




Jadi sebenernya selama lebih dari tiga tahun ini aku dan keluarga punya banyak wishlist liburan yang belum sempat tercapai. huhuhu...
But for the first time, perkenalkan terlebih dahulu. Aku adalah seorang istri dan ibu satu Anak. Namanya Kania, gadis kecilku yang manis nan Cantik. Anak kami akan berulang tahun tepat di tanggal satu Januari, yang ke 3 tahun. Ditengah- tengah kesibukan menemani tumbuh kembang  Kania, aku juga seorang pekerja di salah satu perusahaan swasta di kotaku. 

Ya, seperti yang saya sampaikan diawal, selama kurang lebih tiga tahun ini, atau lebih tepatnya semenjak Kania lahir, kami belum sempat jalan-jalan ke tempat destinasi impian kita. Ditambah lagi, tak lama setelah Kania Lahir pandemi mulai masuk ke Indonesia, Lockdown, PPKM, PSBB dan entah apalagi namanya tentu jadi salah satu alasan kenapa kita urung berlibur. Namun, tak hanya alasan tersebut kami urung berlibur. Ya karena padatnya jadwal aku dan suami bekerja. Lebih tepatnya jadwal suami sih, karena setelah pandemi melanda Indonesia dan dunia mau gak mau perekonomian keluarga kitapun juga terdampak. Karena itulah di tahun ini kita banyak mengejar ketertinggalan di tahun-tahun sebelumnya. 

Suami bekerja dari pagi ke malam hingga pagi lagi. Peluh kesah tak dihiraukannya. Bahkan tak jarang aku melihatnya masih bergelut dengan design-design didepan laptopnya meski jam sudah menunjukkan pukul 12 malam. Panas hujan tak jadi penghalang baginya mengejar rezeki demi memberikan penghidupan yang layak bagi kami. Hmmmm terkadang ingin rasanya bilang "Istirahat sejenak sayang, kamu butuh jeda." 
Source : STIE Pasim Sukabumi

Kehidupan kami banyak berubah memang, entah seiring bertambahnya usia atau kewajiban yang menuntut kita menjadi seperti ini. Karena jauh sebelum kita mengenal satu sama lain, kita mempunya hobi yang sama. Travelling. Ya hobi yang mau gak mau, terpaksa atau apa itu kita jarang lakukan untuk saat ini. "Nunggu Kania agak besar dulu" selalu jawabannya yang keluar dari suamiku. Padahal aku tahu itu bukan satu-satunya alasan sih.

Nah, sekarang saatnya kita ikutin kata hati kita.... Mari kita ambil waktu sejenak untuk menikmati kebersamaan kita, untuk merajut kembali kecintaan kita akn travelling. Pasti kamu rindu kan sayang? hehehhehe
Terlebih lagi, sekarang ada Kania pasti liburan kita tambah seru. Atau sejenak mewujudkan impian destinasi kita yang belum tercapai di tahun-tahun sebelumnya kan...

 Wishlist Destinasi Impian yang sudah lama terkubur...


Setelah sekian banyak kegalauanyang menimpa, akhirnya kami bertekad kita ingin mewujudkan Wishlist kita yang sudah lama hanya tertulis di notebook .

 Merayakan Ulang Tahun Kania di Pantai Tanjung Tinggi Belitung



Dulu, ketika saya masih duduk dibangku sekolah dasar film "Laskar Pelangi" adalah salah satu film fenomenal yang rilis pada saat itu.Tiketnya selalu habis terjual di hampir semua bioskop di tanah air. Bahkan film ini selalu diputar ulang di televisi ketika musim liburan tiba. Alur cerita yang apik dan runtut, pemeran yang sangat total dalam memainkan peran dan pesan film yang disampaikan sungguh sangat isnpiratif. Tak hanya sampai disitu, justru ada hal lain yang menarik perhatian saya saat itu. 

Ya, benar !! Pemandangannya, mulai dari scene pertama hingga terakhir kita banyak disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Hamparan laut tenang dengan pasir pantai putih berkilauan. Deretan batuan tinggi yang menjadi spot iconik di pulau itu. Deburan ombaknya tenang membuat siapa saja yang melihat ingin sekali mengunjunginya.
Dan keinginan itu memang masih jadi wishlist saya yang belum tercapai hingga saat ini. 

Nahh, lantas kepikiran dong untuk ingin ajak suami dan anak kesana. Sudah pasti Kania suka banget, karena Kania ini "nurun" banget dari Bapak Ibunya yaitu suka banget travelling terutama pantai. Hihihihih. Sekalian hadiah ulang tahun Kania. Keinginan untuk merayakan ulang tahun Kania dengan travelling sudah kita rencanakan jauh hari. Pengen tahu kan gimana cara aku untuk wujudin Liburan Cara Aku Bareng Traveloka ? Dengan senang hati aku akan share rencana liburan kami ke Pantai Tanjung Tinggi di Belitung.

Beruntung sekali sih saat ini ada Traveloka yang membantu banget dalam urusan perjalanan. Cocok banget buat yang sibuk dan gak mau ribet, selain itu banyak promo diskonnya juga. Cocok banget buat aku dan suami yang suka apa-apa praktis dan tentunya hemat hehehehh

Kenapa sih Harus Belitung?!


Ada beberapa alasan kenapa harus ke Belitung : yang pertama adalah karena di belitung ini adalah latar pembuatan film Laskar Pelangi yang memang sedari dulu aku udah suka banget sama keindahan alamnya. Seperti benar-benar wishlist yang sudah lamaaaaa banget kutulis dan belum terelaisasi hehheheh

Selain itu di Belitung banyak sekali spot untuk kita bisa menikmati keindahan alam bawah laut. Kita akan menjumpai terumbu karang yang masih alami, tempat bersembunyi aneka biota laut yang cantik. Pasti akan jadi kegiatan yang menarik untuk dihabiskan dengan orang terdekat. Oya just info nih, selain pemesanan tiket pesawat atau hotel di traveloka kita juga bisa mendapatkan berbagai macam kegiatan seru di Traveloka Xperience di traveloka app. Kita tinggal menetukan aja lokasi kota yang akan kita tuju dan nanti akan banyak sekali pilihan Xperience yang bisa kita jajal.

Dan selain itu, salah satu alasan saya untuk ingin mengunjungi Belitung adalah kulturnya. Saya dan suami sangat suka mengunjungi suatu daerah yang mempunyai kuktur berbeda yang belum kita temui sebelumnya. Kita bisa berkeliling kota dan berinteraksi dengan warga asli. 

ITINERARY MENIKMATI KEINDAHAN BELITUNG BARENG TRAVELOKA

Lima hari untuk ke Belitung? emang cukup? gak terlalu mepet kah???
Jadi ini sudah aku perhitungkan ya teman-teman terlebih lagi karena tidak ada flight langsung dari Surabaya ke Tanjung Pandan, jadi kita akan butuh waktu yang lebih lama agar tidak jetlag (termasuk perhitungan sesuai buget juga heheheh). Jadi lima hari ini  menurut kami cukup untuk eksplore Belitung. Nah kira-kira aktivitas apa yang akan kita lakuin disana? Sebelum ke Itinerary disana aku mau spill sedikit nih. Nantinya kau akan pesan Pesawat penerbangan dari Surabaya menuju Tanjung Pandan. Biar lebih mudah dan hemat aku pesan pakai Traveloka app, karena selain menampilkan banyak promo di Traveloka App juga banyak sekali pilihan maskapainya. Pengalamanku sih dengan pesan di Traveloka App aku bisa dapat kan harga lebih murah dan mendapatkan bonus poin yang bisa kita kumpulkan dan pergunakan.


1. Day -1, Menyantap Mie Legendaris dan Tour Darat



Hari pertama sampai di Tanjung Pandan langsung saja check in di hotel yang sudah jauh-jauh hari aku pesan di Traveloka. kita pilih Hotel yang paling mudah aksesnya dan kalau buat kita sih yang terpenting adalah kebersihannya. Beruntung di Traveloka App ini kan pengunjung sebelumnya selalu nulis review jadi bisa jadi bahan pertimbangan buat kita untuk menentukan pilihan.




Setelah berhasil Chek in dan bersih- bersih badan, biasanya kita akan melakukan kegiatan yang gak terlalu berat jadi melakukan aktifitas di sekitar hotel saja atau tour darat. Tapi sebelumnya wajib dong ngisi perut dulu sebelum berkeliling Kota? Dan ini jadi pilihan kami karena konon katanya mie ini yang paling legendaris disini. Mie nya khas dan belum pernah kita nikmati sebelumnya. Jadi penasaran pengen segera coba.


                                                                                 Source : datacore.com


2. Day 2, Jelajah Pulau

Source : anekatempatwisata.com

Dihari kedua melancong aku memilih untuk kegiatan yang lebih menantan dan seru!!!! Konon sih ini adalah aktifitas wajib untuk para turis yang melancong kesana. Jadi aku gak mau ketinggalan dong. Perjalanan akan dilakukan mulai dari pantai Tanjung Kelayang menuju beberapa pulau yang ada disekitar Belitung dengan menggunakan boat. Untuk Tarifnya sendiri berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 800.000 untuk kapal bermuatan 10 orang. 

Wisatawan akan diajak berkeliling menuju pulau-pulau populer yang ada di Belitung, kita juga akan diajak ke spot-spot snorkling untuk melihat keindahan alam bawah lautnya. Kita juga akan bakal diajak untuk melihat mercusuar yang iconik banget itu. Dan dari sumber yang kau himpun, kegiatan ini cukup aman kok untuk liburan keluarga yang membawa anak, so gassss deh hehehhe!!!


Nah buat kalian yang belum pernah ke Belitung atau gak pake paket tour. Gak perlu khawatir karena kita bisa memanfaatkan salah satu fitur dari Traveloka App yaitu Traveloka Xperience. Nah disini banyak banget kan pilihan tournya tinggal pilih yang sesuai buget dan keinginan deh. Pokok selama ada Traveloka liburan dijamin mudah deh.

3. Day 3, Saatnya eksplore Pantai Laskar Pelangi

Source : Traveloka

"Mimpi adalah kunci, untuk kita menaklukkan dunia...." kurang lebih begitu kan lirik dari Ost Laskar Pelangi. Orang yang seumuran aku pasti hafal hehhehe. Dan Benar mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Berawal dari sebuah mimpi, berawal dari "saatnya sekarang aku ikutin kata hati" aku akan menuju destinasi impianku. Pulau Tanjung Tinggi. Pulau yang menjadi latar pembuatan film Laskar Pelangi. Aku akan menghasbikan waktu disini dengan berjemur, melakukan banyak aktifitas di pinggir pantai, memfoto dan bersantai menikmati keindahan ciptaan Tuhan. 

Oya satu lagi, kenapa aku suka travelling, karena dengan travelling suka ada waktu buat mengagumi ciptaan Tuhan, merasa banyak bersyukur sudah diberi kesempatan untuk melihat dunia lebih jauh lagi. Itulah kenapa aku suka menulis wishlist- wishlist tempat yang ingin ku kunjungi, biar suatu saat ada kesempatan aku bisa refleksi ke belakang bahwa Tuhan sangat baik dengan mengabulkan satu demi satu wishlistku. 



4. Day 4, Tour Keliling Kota Belitung.


Source : Kominfo Belitung

Dalam film garapan Hanung Bramantya ini, banyak menunjukkan sisi budaya dari Belitung. Nah dikesemepatan ini saya ingin menjelajah Kota Belitung. Mulai dari bangunan -bangunan bersejarah hingga bangunan ikonik seperti surau tertua yang ada di Kota ini. Uniknya di Belitung in banyak bangunan tua dengan corak melayu. Jadi selain berwisata bisa sekalian belajar sejarah deh.

5. Day 5, waktunya cari oleh-oleh

Source : Tour Belitung

Liburan gak afdol dong kalau gak pulang bawa oleh-oleh khas kota tujuan. Nahh biasanya aku selalu lakukannya di hari terakhir kita melancong. Aku akan cari beberapa oleh-oleh untuk dibagikan ke sanak family dan juga berburu barang yang gak ada di kota lain. Hal ini juga merupakan satu hal seru yang gak aku lewatkan selama travelling. Cuma satu pesanku awas kalap dan over bagasi hehehheh


Jadi seperti itulah teman-teman cara aku menikmati Travelling cara aku, tentunya  semua kemudahan saat travelling aku selama ini didukung oleh Traveloka. Dan buat para pekerja keras, para ibu hebat, para bapak-bapak tangguh, dan kamu yang sangat berharga boleh kok kita jeda sebentar untuk melakukan apa yang buat kita bahagia. Yuk saatnya kita rencanakan liburan di Traveloka . Seperti taglinnya #LifeYourWay,  atur semua rencana liburanmu mulai dari tiket pesawat, akomodasi, hingga aktifitas seru lainnya dengan Traveloka untuk menikmati hidup, caramu.

Karena kamu sangat berarti, kamu berhak untuk ikutin suara hatimu dan jalani hidupmu sesuai dengan caramu #LifeYourWay

Kalau teman-teman bagaimana nih cara "Travelling ala Kamu?" yuk share di koment !!!

6 komentar:

Mewujudkan Travelling Cara Aku di Negeri Para Laskar Pelangi Bareng Traveloka

  “Sadar nggak sih orang lain sering bikin kita milih untuk berpihak sama sesuatu? Disuruh mau milih ke sana atau ke sini? Ditanya lebih suk...